Friday 12 December 2014

Wapres Belum Dengar Rencana Pergantian Kapolri dari Presiden


Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku belum mendengar dari Presiden mengenai rencana percepatan penggantian Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kepala Kepolisian RI. Hal ini disampaikan Kalla seusai menandatangani nota kesepahaman antara Palang Merah Indonesia dan Sutarman.
"Saya belum dengar dari Presiden," kata Kalla singkat di Jakarta, Jumat (12/12/2014).
Sebelumnya, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengaku dapat informasi bahwa nama-nama calon kapolri pengganti Sutarman telah diproses. Menurut Neta, Presiden Jokowi akan mempercepat pergantian Kapolri seiring terjadinya sejumlah konflik di daerah.
"Begitu masa reses DPR selesai pada 12 Januari 2015, nama calon kapolri akan diserahkan Presiden Jokowi ke Komisi III untuk dilakukan uji kelayakan dan uji kepatutan," ungkap Neta, Kamis (11/12/2014).
Sebelumnya, ada lima nama yang disebut-sebut sebagai calon kapolri, yakni Komjen Badroeddin Haiti, Komjen Budi Gunawan, Irjen Safruddin, Irjen Pudji Hartanto, dan Irjen Unggung Cahyono. Menurut Neta, dari kelima nama itu, Presiden disebut-sebut telah memilih dua nama, yang kemudian dipilih satu nama untuk diserahkan ke Komisi III DPR. Nama yang dipilih adalah perwira berpangkat komjen senior.


Sumber : Kompas.com

No comments:

Post a Comment